TUNAS SDN. RONGTENGAH 5 SAMPANG

SELAMAT DATANG DI BLOG SDN. RONGTENGAH 5 SAMPANG

Selasa, 12 Maret 2013

OLYMPIADE MIPA



Siswa-siswi SDN. Rongtengah 5 kecamatan Sampang, secara bertahap telah berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kemampuannya dan dapat bersaing dengan para peserta yang lain. Usaha yang maksimal untuk mencapai prestasi adalah merupakan suatu usaha untuk mencapai kemampuan menyimak dan memahami beberapa mata pelajaran secara maksimal dan bertahap melalui proses pembelajaran dan merupakan usaha untuk memotivasi dirinya sendiri sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

Dukungan dari lingkungan sekitar, terutama dukungan moril dari lingkungan keluarga sangat diharapkan supaya timbul semangat yang tidak henti-hentinya dari diri para siswa sendiri. Situasi dan kondisi di sekolah juga harus mendukung dengan terciptanya usaha yang kondusif sehingga keadaannya menjadi tertib, aman, dan lancar. Guru-guru mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya dengan strategi PAIKEM ( Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan ).

Dan selanjutnya hasil yang nampak dari usaha para siswa adalah dapat menguasai materi beberapa mata pelajaran, khususnya mata pelajaran Matematika dan IPA. Hal ini sangat bermanfaat sekali dalam rangka menghadapi Olympiade MIPA tingkat Gugus Wilker 03 kecamatan Sampang, maupun tingkat kecamatan dan kabupaten. Yang perlu dipersiapkan adalah para siswa mulai kelas III, sehingga kalau nanti para siswa sudah kelas V, sudah siap mengikuti Olympiada MIPA.



Harapan untuk mencapai prestasi merupakan motivasi instrinsik dari para siswa.

Faktor-faktor yang dapat menimbulkan motivasi instrinsik adalah

  • Adanya kebutuhan untuk menguasai beberapa mata pelajaran, khususnya Matematika dan IPA
  • Adanya pengetahuan tentang kemajuan diri sendiri, setelah melalui proses pembelajaran
  • Adanya cita-cita atau aspirasi untuk meningkatkan kemampuan dan untuk mencapai prestasinya
Sedangkan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar termasuk usaha atau memberikan motivasi dari para guru di sekolah merupakan motivasi ekstrinsik untuk para siswa, sehingga para siswa tetap disiplin dan konsisten untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dan selalu mengikuti program latihan dan pembelajaran pada jam efektif sekolah maupun di luar jam efektif sekolah.

Pembiasaan baik yang harus dilakukan dalam memahami pelajaran di sekolah adalah :

  • Disiplin menaati peraturan atau tata tertib sekolah dan melaksanakan tugas dari guru
  • Konsisten (istiqamah) dalam mentaati peraturan atau tata tertib sekolah dan melaksanakan tugas dari guru
  • Selalu bersemangat dan senang dalam melaksanakan tugas dari guru
  • Selalu optimis dalam melaksanakan kewajiban menuntut ilmu pengetahuan
  • Selalu membaca ulang atau mempelajari lagi pelajaran yang sudah dijelaskan oleh guru, supaya tidak lupa
  • Selalu mengadakan latihan-latihan dengan mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku pelajaran, supaya para siswa selalu menyimak materi yang ada di dalam buku tersebut